Saturday, August 23, 2008

Air Liur Anjing Penyebab Berbagai Penyakit

Air Liur Anjing Penyebab Berbagai Penyakit
Rabu, 14 November 2007

Persatuan Dokter Ahli Kesehatan Anak Jerman di Munich, mengumumkan bahaya air liur anjing. Tapi Islam sudah lebih awal memperingatkannya

Anjing Hidayatullah.com--Para ulama ahli fikih sangat cekatan dalam melakukan pencegahan-pencegahan terhadap berbagai jenis penyakit yang disebabkan air liur anjing. Kulit yang terkena liur itu harus dibasuh tujuh kali dan salah-satunya dicampur dengan tanah dan sabun.

Persatuan Dokter Ahli Kesehatan Anak Jerman di Munich, Senin (12/11) kemarin, mengumumkan kembali bahaya saliva atau air liur anjing. Dikatakan air liur itu mengandung berbagai jenis bakteri yang dapat menimbulkan berbagai penyakit pula karena dapat masuk ke dalam tubuh.

Dikatakan, luka akibat gigitan anjing, sekecil apapun yang terjadi pada anak-anak, harus segera ditangani oleh dokter. Setelah luka tersebut mulai mereda (berhenti pendarahannya) maka luka tersebut sebaiknya dibasuh dengan air hangat-hangat kuku dan ditutup dengan kompres steril.

“Kebanyakan dari luka akibat gigitan anjing merobek jaringan kulit sehingga harus mendapatkan perawatan seorang dokter," kata dokter ahli kesehatan anak Thomas Fendel seperti dikutip kantor berita Antara.

Sekitar 15 persen dari luka akibat gigitan anjing mengakibatkan infeksi dan hal itu bergantung kepada seberapa parahnya luka yang diakibatkan oleh gigitan hewan carnivora tersebut, serta kekebalan tubuh si anak yang dapat berbeda satu sama lainnya dan tingkat atau jumlah kotoran yang masuk kedalam luka tersebut.

Karena hal beresiko tersebut, maka seorang anak yang di gigit oleh seekor anjing harus pula menjalani suntikan anti-tetanus yang diulang dan diperbarui. Para orang tua dihimbau menjauhkan anak dari gigitan anjing dan harus membawa catatan imunisasi putra atau putrinya mereka ketika membawa si anak ke dokter untuk ditangani luka akibat gigitan tersebut.

Sebelum para ahli menemukan penelitian ini, Islam sudah jelas sejak awal hukum air liur anjing. Rasulullah SAW sendiri bersabda; “Barang siapa memelihara anjing kecuali anjing untu berburu, maka amalnya setiap hari akan dikurangi dengan satu qiroth .” [ant/www.hidayatullah.com]

http://hidayatullah.com/index.php?option=com_content&task=view&id=5757&Itemid=1

No comments: